Telp : 081917220274 / 082301545888

FADILA SAFARINA SISWI MAN RAIH JUARA 1 LOMBA ESSAI DUTA BACA LOTIM 2021

Fadila Safarina adalah salah satu srikandi MAN 1 Lotim yang kembali menambah perolehan piala prestasi bagi MAN 1 Lotim. Kali ini melalui lomba Essai yang di gelar Forum Duta Baca Lotim dibawah naungan Dinas Perpustakaan Lotim pada 18 sd 19 September 2021 lalu, siswi MAN 1 Lotim asal Kabar Sakra ini sukses meraih juara 1 dengan berhasil mempresentasikan karya essai yang berjudul " "Kembangkan Literasi Budaya untuk Mewujudkan Integrasi Bangsa di Kalangan Remaja" 

Dalam presentasinya dihadapan dewan juri secara tatap muka, Safarina menyampaikan dengan ragam fenomena sosial yang terjadi saat ini yang melanda generasi muda usia sekolah yang menyebabkan rendahnya minat baca. Yang ini tentu dapat memperlemah mutu SDM generasi bangsa dimasa datang padahal nasib suatu bangsa ditentukan oleh kualitas SDM generasi bangsanya, papar Safarina.

Lebih lanjut diungkapkan Safarina, perlu solusi dan langkah kongkrit dari pemerintah melalui massifnya program memperkuat budaya literasi semua lingkungan termasuk lingkungan sekolah dan Safarina menawarkan program pohon literasi dan forum.diskusi dengan berbagai langkah sederhana dari kedua progrsm diatas yang tawarkan yakni bagaimana pohon literasi diterapkan di kelas dan bagaimana menggerakkan program diskusi yang aktif sebagai langkah sadar dari siswa dalam mewujudkan budaya literasi yang habit, ungkap Safarina. 

Lomba ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang yang Ke7 Tahun Komunitas Duta Baca Lotim dengan suport dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lombok.Timur tahun 2021, menggelar berbagai jenis lomba yakni lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Foster dan Lomba Essai jenjang SLTA Se Lotim yang digelar pada tanggal 18 sd 19 September 2021 secara offline di aula Universitas Hamzanwadi Pancor. Ketiga lomba ini diikuti oleh puluhan sekolah dari SMA SMK dan MA di Lotim dengan menurunkan tim siswa terbaiknya dalam ikhtiar merebut prestasi juara, papar Hj Siti Surodiana selaku tim pembina dan pendamping siswa MAN 1 Lotim. Alhamdulillah setelah 2 hari dilalui dengan ketegangan dalam berkompetisi tim debat MAN 1 lotim yang terdiri dari siswi ; Bidayatul Izzah siswi kelas XII IPS.1, Sri Rizky Amelia Putri siswi kelas XII IPS.1 dan Dinda Rosiana Emba siswi kelas XI IPS.3 yang sukses meraih juara 2. Selanjutnya pada lomba Foster juara 1 sukses direbut oleh siswa MAN 1 Lotim atas nama Juliadin Putra Nugraha siswa XI IPA.1

Dengan berhasilnya tim siswa MAN 1 Lotim ini mampu mengantarkan tim MAN 1 Lotim meraih juara umun karena sukses meraih juara pada semua mata lomba. Tim MAN 1 Lotim berhasil menjadi juara umum, ungkap M Nurul Wathoni selaku kepala MAN 1 Lotim dengan penuh kegembiraan. Prestasi yang patut dibanggakan karena siswa madrasah mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya pada berbagai event dan bidang lomba. Tentu ini tidak mudah, para siswa dan pembina selama ini telah menyiapkan diri melalui bimbingan yang rutin melalui kegiatan ektrakurikuler yang disiapkan pihak sekolah. Dengan dukungan maksimal dari sekolah dari sisi ketersediaan pelatih pembina yang secara tekun memberikan bimbingan dan kemampyan siswa yang sudah terbentuk disertai dukungan anggaran telah mengantarkan tim siswa meraih prestasi terbaik, urai Wathoni. 

Sementara ditempat terpisah, H Sirojuddin selaku kakanmenag lotim menyampaikan ungkapan bahwa kami sudah kehabisan kata_kata atas prestasi MAN 1 Lotim yang seolah_olah tiada henti. Ini luar biasa, karena pandemi bukan lagi penghalang bagi mereka untuk ikhtiar merebut prestasi. Atas nama kemenag lotim menyampaikan terima kasih karena sukses membawa nama baik madrasah dan kemenag melalui toregan prestasi. Semoga gerak langkah dan strategi MAN 1 Lotim dalam meraih prestasi dapat ditiru oleh madrasah lainnya harap Sirojuddin. (nwt)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya