Telp : 081917220274 / 082301545888

Penilaian Madrasah Reform Lombok Timur

Senin, 13 September 2021. Beberapa madrasah di Kabupaten Lombok Timur sedang mengikuti penilaian Lomba Madrasah Reform 2021. Lomba Madrasah Reform adalah kegiatan yang diinisiasi oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB. Madrasah Reform diikuti oleh perwakilan madrasah tingkat RA, MIN, MTsN dan MAN dari setiap kota/kabupaten di Provinsi NTB. Perwakilan dari Kabupaten Lombok Timur adalah RA Dharma Wanita Selong, MIN Lombok Timur, MTsN 1 Lombok Timur dan MAN 1 Lombok Timur.

Penilai dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB yang turun ke Lombok Timur terbagi dalam 2 tim yaitu tim pertama yang menilai ke RA DW dan MIN Lotim serta tim kedua yang menilai ke MTsN 1 Lotim dan MAN 1 Lotim. Aspek penilaian madrasah pada Lomba Madrasah Reform ini antara lain:

  1. Komponen Penilaian Inti Madrasah (MIN, MTsN, MAN) yang terdiri dari mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah.
  2. Komponen Raudatul Athfal (RA) adalah STTPA, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian.
  3. Prestasi, termasuk prestasi madrasah, prestasi kepala madrasah, prestasi guru, prestasi tenaga kependidikan dan prestasi siswa.
  4. Keadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Kualifikasi dan sertifikat)
  5. Kondisi Sarana dan Prasarana (rombongan belajar dan ruang penunjang)

Kegiatan penilaian Madrasah Reform di masing-masing madrasah ini selain melampirkan dokumen bukti-bukti yang sesuai dengan aspek penilaian, namun juga secara langsung melihat kondisi lokasi madrasah untuk mengetahui kesesuaian dengan kualifikasi. Lebih dari itu tim penilai juga melakukan wawancara langsung dengan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan dan juga siswa-siswi yang telah ditunjuk untuk memastikan kesesuaikan aspek penilaian.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Mahyudin, S.Pd.I, M.Pd.I menyampaikan bahwa ajang Madrasah Reform ini merupakan kesempatan bagi semua madrasah, terutama madrasah yang telah ditunjuk untuk mewakili Lombok Timur untuk kembali mengevaluasi berbagai standar pelaksanaan sesuai dengan aspek penilaian pada lomba ini.

Senada dengan hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur berharap madrasah di Lombok Timur dapat bersaing dan menunjukkan kualitas serta prestasinya di tingkat provinsi. (Leila)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya